Sabtu, 20 September 2014

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan,- Seperti yang kita dengar, daun sirih memang sudah tidak asing lagi di tengila kita. Namun tahukah anda bahwa daun sirih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan maupun untuk perawatan wajah. Karena menurut hasil penelitian yang telah di lakukan dalam beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa Daun sirih mengandung antiseptik dan kandungan fenol dalam antiseftif tersebut lima kali lebih efektif dari pada fenol biasa. Selain itu juga kandungan daun sirih bisa mngobati berbagai penyakit yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Daun sirih sering kita jumpai di hutan ataupun di halaman rumah, akan tetapi kebanyakan orang yang tidak mengetahui akan manfaat dan khasiat daun sirih tersebut.

Tanaman yang menjulur ini sebenarnya mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah daun sirih merah dan daun sirih hijau. Namun dari segi manfaat dan kegunaan, keduanya tidak jauh berbeda. Seperti yang dilansir dari okezone.com, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Berikut ini adalah beberapa macam manfaat daun sirih untuk kesehatan beserta cara pengolahannya :

1. Mengatasi Keputihan
Mengatasi keputihan dengan daun sirih merah karena khasiat dau sirih merah bersifat antiseptic,dan juga daun sirih merah bagus untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan yaitu dengan cara merebus 7-10 lembar daun sirih lalu setelah itu bilas organ kewanitaannya itu dengan air rebusan daun sirih.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Menghilangkan bau mulut dengan daun sirih merah tidak begitu repot,ambil 1 lembar daun sirih merah cuci hingga bersih dan di kunyah -kunyah biarkan hingga beberapa menit lalu setelah itu ludahkan lakukanlah hal itu 2-3 kali sehari,adapun cara lain yaitu dengan merebus daun sirih 5-6 lembar  daun sirih dengan 2 gelas air rebus sampai mendidih dan setelah itu di saring dan dinginkan lakukan kumur-kumur untuk setiap pagi dan sore.

3. Menghilangkan Bau Badan
Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih sangat mudah yaitu dengan merendam 2-3 lembar daun sirih dengan air panas di dalam 1\2 gelas dan di tambah dengan satu sendok teh gula putih,diamkan sampai air itu asam-asam kuku dan setelah itu sirihnya di ambil dan di minum air rebusannya itu.

4. Bronkitis
7 lembar daun sirih dihaluskan kemudian dicampur dengan 1 buah gula batu dan rebuh ke dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Hasil rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum sebanyak 3 kali sehari dengan sekali minumnya adalah tiga sendok makan.

5. Mengatasi Diare
Bahan: 6 lembar daun sirih, 6 merica dan satu sendok makan minyak 
Tumbuk ketiga bahan sampai lembut kemudian gosokkan pada perut penderita diare.

6. Untuk mengatasi mimisan
Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung. Untuk menghentikan mimisan tersebut, Anda cukup mengambil selembar daun sirih kemudian patahkan bagian daunnya dan gulung. Setelah itu rebahkan pasian dan masukkan daun sirih yang sudah digulung tadi ke lubang hidung yang mimisan. Diamkan kurang lebih 15-30 menit sampai darah berhenti. manfaat daun sirih untuk kesehatan

7. Untuk sakit jantung
Daun sirih juga bisa sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit jantung. Caranya Cuci tiga lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya, tiga buah bawang merah, dan empat buah biji kemukus. Kemudian tumbuk sampai hangus bersama satu sendok teh jintan. Tambahkan empat sendok makan air matang. Kemudian aduk sampai rata dan saring. Minum air ramuan tersebur dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin dan teratur.

8. Untuk Radang Tenggorokan
Rendam 3 lembar daun sirih pada segelas air panas. Setelah airnya dingin gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menegadah ke atas dan rasakan airnya sampai ke pangkal tenggorokan. Cara ini hanya di lakuakan dalam 3 kali sehari karena jika lebih takutnya terkena dampak yang tidak baik untuk tenggorokan.

Itulah sekilas mengenai penjelasan daun sirih berikut dengan manfaat dan kegunaan daun sirih untuk di jadikan sebagai pengobatan yang alami serta mudah untuk anda coba. 


Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Artikel Terkait

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email